Sabtu, 12 Januari 2008

GLOBAL POSITION SYSTEM (GPS)

Apakah GPS itu?
Teknologi global position sytem(GPS) atau kalau diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia menjadi system penentu kedudukan sejagat adalah suatu system navigasi yang memanfaatkan satelit untuk menentukan letak/kedudukan suatu benda. GPS merupakan system navigasi via satelit yang dikembangkan oleh departemen pertahanan amerika serikat . Tujuannya adalah untuk menuntun atau mengendalikan system sasaran peluru kendali di era perang dingin tahun 1960-an nama resminya Navstar GPS (navigation satellite timing and ranginjg lobal position system) namun orang lebih mengenal dengan nama GPS saja. system ini dipandu oleh 24 satelit yang mengintari bumi dalam periode 12 jam , berketinggian 20.200 km, dan beroperasi dalam 6 orbit. Oleh karena itu , minimal ada 6 satelit yang dapat dipantau pada titik manapun di bumi ini. Setelit ini mengirimkan sinyal radio dengan ( dengan modulasi 1575.42 MHz dan 1227.60 MHz ), yang oleh pesawat reciver (penerima )akan diterjemahklan sebagai informasi posisi (berupa lintang dan bujur), kecepatan dan waktu. Disamping itu juga dipancarkan informasi tambahan seperti jarak dan waktu tempuh.
Untuk mengitung posisi, dibutuhkan minimal 3 satelit untuk menentukan posisi 2 dimensi ( lintang dan bujur ) dan 4 satelit untuk menentukan 3 dimensi (lintang bujur dan ketinggian) Pengukuran posisi GPS didasarkan oleh sistem pengukuran matematika yang disebut dengan Triliterasi. Sistem satelit GPS ini dioperasikan oleh kendali utama di pankalan udara Schriver di Colorado, dibantu oleh lima stasiun pemantau diseluruh dunia (Hawaii, Kwajalen, pulau Ascension, diego gracia dan colorado Springs). Kendali utama Scriever akan memproses pancaran satelitdan melakukan penyesuaian untuk selanjutnya dikirim kembali ke satelit penyesuaian itu adalah untuk menyelaraskan jam atom setiap satelit sampai 1 mikron detik ,juga membetul kan efemetris model orbit satelit agar sesuai dengan penagkapan satelit satelit tersebut dari darat.
Awalnya militer AS menggunakan GPS untuk keperluan peran, seperti menuntun arah peulu kendali, atau mengetahui dimana posisi pasukan berada. Menfaatnya mereka bisa mengetahui mana teman mana lawan, untuk menghindari salah target, atau menentukan pergeakan pasukan untunglah sejak 17 juli 1995, GPS dibuka untuk umum . system yang berbiaya US$ 400 juta setahun ini bisa dimanfaatkan diseluruh dunia dan tanpa perlu membayar. Aplikasinya sanat luas, mulai dibidang kelautan , penebanan ,navigasi darat hingga pelacakan kendaraaan untuk mengetahui arah jalan, lokasi suatu tempat, survey diperkebunan ,petambangan perhitungan lahan, dan ditengah hutan unutk navigasi GPS digunakan seperti kompas.
Kegunaan
· Militer
GPS digunakan untuk keperluan perang, seperti menuntun arah bom, atau mengetahui posisi pasukan berada. Dengan cara ini maka kita bisa mengetahui mana teman mana lawan untuk menghindari salah target, ataupun menetukan pergerakan pasukan.
· Navigasi
GPS banyak juga digunakan sebagai alat navigasi seperti kompas digital. Beberapa jenis kendaraan telah dilengkapi dengan GPS untuk alat bantu nivigasi, dengan menambahkan peta, maka bisa digunakan untuk memandu pengendara, sehingga pengendara bisa mengetahui jalur mana yang sebaiknya dipilih untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
· Sistem Informasi Geografis
Untuk keperluan Sistem Informasi Geografis, GPS sering juga diikutsertakan dalam pembuatan peta, seperti mengukur jarak perbatasan, ataupun sebagai referensi pengukuran.
· Pelacak_kendaraan
Kegunaan lain GPS adalah sebagai Pelacak kendaraan, dengan bantuan GPS pemilik kendaraan/pengelola armada bisa mengetahui ada dimana saja kendaraannya/aset bergeraknya berada saat ini.
· Pemantau gempa
Bahkan saat ini, GPS dengan ketelitian tinggi bisa digunakan untuk memantau pergerakan tanah, yang ordenya hanya mm dalam setahun. Pemantauan pergerakan tanah berguna untuk memperkirakan terjadinya gempa, baik pergerakan vulkanik ataupun tektonik

Tidak ada komentar: