Senin, 10 Maret 2008

SUPER COMPUTER

SUPER COMPUTER

Superkomputer merupakan sebutan untuk computer yang dapat melakukan perhitungan yang rumit hanya dalam hitungan detik. Sungguh menarik jika mengikuti perkembangan trend superkomputer di dunia yang dikutip dalam situs http://www.top500.org, 500 superkomputer tercepat di dunia didata dan diklasifikasi.
Dalam urutan kelima dari sepuluh super komputer tercepat didunia terletak di Amerika serikat,jerman,india dan swedia. Data ini diputuskan dari hasil konferensi super komputer, jaringan penyimpanan dan analisis komputer yang dilaksanakan pada 12 november 2007 di Reno, Nevada.
Untuk menentukan parameter yang dipergunakan untuk mengukur kecepatan dan peringkat komputer digunakan LINPACK performans, Rmax, dalam satuan TFlops (TeraFlops=1012Flops). Flops yang merupakan singkatan dari Floating-point Operations per second adalah satuan yang menunjukan berapa perhitungan floating-point yang dapat dilakukan tiap satu detik LINPACK benchmark yang dipakai untuk memecahkan persamaan-persamaan linear dari sistem yang padat ini dipilih karena penggunaannya yang luas dalam berbagai sistem komputasi.
Untuk posisi No. 1 diduduki oleh BlueGene/L System, yang merupakan kerjasama bekerja sama antara IBM dengan the Department of Energy's (DOE) National Nuclear Security Administration (NNSA) dan di tempatkan di DOE's Lawrence Livermore Livermore National Laboratory di Livermore, California.
Walaupun BlueGene/L menduduki urutan No. 1 sejak nove,ber 2004, systemnya selalu mengikuti perkembangan dari Linpack benchmark dan menunjukan peningkatan yang significantly dari 280.6 TFlop/s enam bulan sebelum di upgrade menjadi 478.2 TFop/s ("teraflops" or trillions of calculations per second).
Pada urutan No. 2 ditempati brand-new first installation menggunakan versi yang sama dari IBM BlueGene/P terletak di Jerman tepatnya Forschungszentrum Juelich (FZJ) mencapai ferforma 167.3 TFlop/s.
Pada urutan No. 3 ini tidak hanya baru tetapi merupakan yang pertama pusat supercomputer, di Rio Rancho, N.M. yang bernama New Mexico Computing Application Center (NMCAC) dibangun oleh SGI dan berbasis model Altix ICE 8200, mencapai ferforma 126.9 TFlop/s.
Untuk pertama kalinya, india menempati urutan 10 besar. The Computational Research Laboratories,itu di subsidi oleh Tata Sons Ltd yang berlokasi Di Pune, india, menggunakan Hewlett-packard Cluster Platform 3000 BL460 system mencapai nilai 117.9 TFlop/s.
Pada urutan ke 5 juga pendatang baru yang menggunakan Hewlett-Packard Cluster Platform 3000 BL460c system dan ditempatkan Swedish government agency. Mencapai feforma 102.8 TFlop/s.
Ada juga pendatang baru sepuluh besar yang menempati urutan ke 9. adalah Cray XT4 system yang dimiliki oleh National Energy Research Scientific Computing Center (NERSC) yang bertempat di DOE's Lawrence Berkeley National Laboratory dan mencapai ferforma 85.4 Tflop/s dari perhitungan linpack.

Tidak ada komentar: